Senin, 06 Desember 2010

PTK Pendekatan Jigsaw

ABSTRAK
Masri, S. Pd, 07011657014, Upaya peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan Cooperative Learning model Jigsaw kelas V SD Islam Teladan Panglima Besar Soedirman Jakarta, Pendidikan Sertifikasi Guru dalam Jabatan melalui jalur pendidikan, FKIP UHAMKA Jakarta 2008
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas isi, masukan, proses dan hasil pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, untuk mengetahui apakah dengan pendekatan cooperative learning model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action Research) dengan 2 siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.
Dari hasil pengumpulan, pengolahan dan analisis data secara kualitatif ditemukan bahwa dengan cooperative learning model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Sebelum diberikan tindakan skor nilai siswa adalah 74,9. Setelah diberikan tindakan meningkat sebanyak 4,6 poin menjadi 79,5. Sedangkan pada siklus pertama dan kedua meningkat dari 79,5 menjadi 81,3 dan 83,7. Sedangkan di akhir siklus ke dua, skor siswa mencapai 86,9. Dengan cooperative learning model jigsaw juga dapat meningkatkan kreatifitas dan aktifitas siswa. Dari 29 sampel penelitian, 90 % menyukai pendekatan cooperative learning model jigsaw, 83 % dapat mengikuti dinamika kelompok, 83 % dapat memahami materi pelajaran dengan baik. Pembelajaran bukan lagi bersifat guru sentris tapi beralih kepada siswa sentris. Dengan cooperative learning model Jigsaw, pembelajaran lebih bermakna dan potensi yang dimiliki siswa dapat dikembangkan. Sisi lain dari pendekatan cooperative learning model jigsaw adalah nilai-nilai pluralisme seperti etnis, agama, jender dan budaya dapat dipahami oleh siswa sejak dini dan hal ini sangat tepat jika pembelajaran IPS dilaksanakan dengan pendekatan cooperative learning model jigsaw untuk menjawab tantangan masa depan yang makin kompleks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar