PEMERINTAH
SD NEGERI 01 CAMPAGO IPUH
KEC. MANDIANGIN KOTO SELAYN
JL. H. MISKIN NO. 1 TEL. 07527021459
I. PENDAHULUAN
A. Rasional
Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan dan pembaruan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasar pun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru, sehingga mengalami perubahan-perubahan kebijakan.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar..................dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah dibawah koordinasi dan suvervisi Dinas Pendidikan Kota/kab.......... , serta dengan bimbingan nara sumber ahli pendidikan dan pembelajaran dari Universitas ..................... dan Universitas ..................... Pengembangan kurikulum ini didasarkan apada prinsip-prinsip sebagai berikut:
1. berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya;
2. beragam dan terpadu;
3. tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
4. relevan dengan kebutuhan kehidupan;
5. menyeluruh dan berkesnambungan;
6. belajar sepanjang hayat; dan
7. seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Pada akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulumlah (baca: guru) yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajaran.
B. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
1. Visi :
Terwujudnya akhlaq, prestasi, berwawasan global yang dilandasi nilai-nilai budaya luhur sesuai dengan ajaran Agama .
2. Misi
2.1. Menanamkan keyakinan/ akidah melalui pengamalan ajaran agama .
2.2. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan.
2.3. Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK, bahasa, olahraga dan seni budaya sesuai dengan bakat, minat dan potensi siswa.
2.4. Menjalin kerjasama yang harmonis antara warga sekolah dan lingkungan.
3. Tujuan
3.1. Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;
3.2. Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kabupaten /Kota............
3.3. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;
3.4. Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;
3.5. Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.
II. Struktur Dan Muatan Kurikulum
A. Struktur Kurikulum
NO | Komponen | Alokasi Waktu KTSP SD | | |||||
KELAS | | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | | ||
A | Mata Pelajaran | | | | | | | |
1 | Pendidikan Agama | | 3 | 3 | 3 | | ||
2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | | |||
3 | Bahasa Indonesia | 5 | 5 | 5 | | |||
4 | Matematika | 5 | 5 | 5 | | |||
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | 4 | 4 | | |||
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 3 | 3 | 3 | | |||
7 | Seni Budaya dan Keterampilan | 4 | 4 | 4 | | |||
8 | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 4 | 4 | 4 | | |||
B | Mulok : | | | | | |||
| a. Budaya daerah | 2 | 2 | 2 | | |||
| b. B. Inggris | 2 | 2 | 2 | | |||
| c. ......... ( disesuaikan) | 2 | 2 | 2 | | |||
| d. | | | | | |||
C | Pengembangan Diri | 2*) | 2*) | 2*) | | |||
| | | | | | |||
Jumlah | 26 | 27 | 28 | 36 | 36 | 36 | |
*) Ekuivalen 2 Jam Pembelajaran
Keterangan :
1. 1 (satu) Jam pelajaran alokasi waktu 35 menit.
2. Kelas 1, 2, dan 3 pendekatan Tematik, alokasi waktu permata pelajaran diatur sendiri oleh SD/MI
3. Kelas 4, 5, dan 6 pendekatan Mata Pelajaran
4. Sekolah dapat memasukan pendidikan yang berbasis keunggulan lokal dan global, yang merupakan bagian dari mata pelajaran yang diunggulkan
5.Mengenai pembelajaran tematis sekolah dapat menentukan alokasi waktu permata pelajaran sedangkan dalam PBM menggunakan pendekatan tematis.
B. Muatan Kurikulum
1. Mata Pelajaran
a. Pendidikan Agama Islam ( bagi siswa muslim)
Pendidikan Agama Islam di SD/MI bertujuan untuk:
· menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
· mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
b. Pendidikan Kewarganegaraan
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
· Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
· Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
· Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
· Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
c. Bahasa Indonesia
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
· Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
· Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
· Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
· Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
· Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
· Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
d. Matematika
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
· Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
· Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
· Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
· Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
· Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
e. IPA
Mata Pelajaran IPA di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
· Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
· Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
· Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
· Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
· Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
· Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
· Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.
f. IPS
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
§ Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
§ Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
§ Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
§ Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
g. Seni Budaya dan Ketrampilan
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
§ Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
§ Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
§ Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
§ Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
i. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
· Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
· Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
· Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
· Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
· Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
· Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
· Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
2. Muatan Lokal
a. Budaya Daerah
Tujuan :
· Mengembangkan kemampuan beradat berbudaya daerah
· Memupuk kemampuan dalam berbahasa daerah .
· Menigkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra daerahnya.
· Mengembangkan dan melestarikan hasil kreasi budaya daerah sebagai salah satu unsur kebudayaan nasional
· ..............( Sesuaikan dg kebutuhan daerah)
b. Bahasa Inggris
Tujuan :
· Mengenalkan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi internasional
· Membekali siswa untuk mampu berhasa Inggris
c. Muatan lokal lain Disesuaikan dengan daerah,misalnya:
- Keterampilan/ Teknologi Informasi dan Komunikasi
Tujuan :
§ Memperkenalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi
§ Membekali siswa dalam penerapan teknologi sebagai media belajar.
§ Membekali siswa untuk terampil menggunakan Tehnologi Informasi
3. Pengembangan diri
Meliputi beragam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa, yang terdiri atas :
a. Kewiraan
1. Pramuka
2. Peraturan Baris Berbaris
b. Olahraga
1. Drumband
2. Pencak Silat
3. Sepakbola
4. Softball-Baseball
5. Taekwondo
6. Tenis Meja
7. Olahraga tradisional
c. Seni
1. Seni Karawitan ( menganyam,menyulam dll)
2. Seni Lukis
3. Seni Tari
4. Seni Musik dan Vokal
5. Seni tradisional daerah lainnya
d. UKS
1. Dokter kecil
2. Kebun Sekolah
3. dll
e. Ilmiah
1. English Club
2. Kelompok Ilmiah Dasar / KI
f. Kegiatan pembiasan
Merupakan proses pembentukan akhlaq dan penanaman/ pengamalan ajaran islam.
Adapun kegiatan pembiasaan meliputi :Pengajian Mentari PagiHafalan Juz Amma dan Sura pilihanDoa-doa harian,Sifat-sifat Allah dan Rosul,Senandung Sholawat Nabi,Pembinaan Tilawatil Qur-an,Peringatan Hari Besar Islam: (Pesantren Ramadlan,Tahun Baru Islam), Sholat Berjamaah, Penanaman Akhlaq Islami, misalnya,Membudayakan pengucapan salam
Membudayakan cium tangan terhadap orang tua dan guru,Makan dan minum tidak sambil berdiri.Menjaga kebersihan pribadi, pakaian dan lingkungan,Pembisaan Sholat memakai sarung.
5. Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar yang digunakan adalah system paket sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum, yaitu :
Kelas | Satu jam pembelajaran tatap muka/menit | Jumlah jam pembelajaran per-minggu | Minggu efektif Per-tahun ajaran | Waktu pembelajaran/jam per-tahun |
1 | 35 | 26 | 37 | 962 |
2 | 35 | 27 | 37 | 999 |
3 | 35 | 28 | 37 | 1036 |
4 | 35 | 36 | 37 | 1332 |
5 | 35 | 36 | 37 | 1332 |
6 | 35 | 36 | 33 | 1221 |
6. Ketuntasan Belajar *
No | Mata Pelajaran | Standar ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) | |
Angka | Huruf | ||
1 | P endidikan Agama | 75 | Tujuh puluh |
2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 70 | Tujuh puluh |
3 | Bahasa Indonesia | 75 | Tujuh puluh |
4 | Matematika | 65 | Enam puluh |
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | 70 | Tujuh puluh |
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 70 | Tujuh puluh |
7 | Seni Budaya dan Keterampilan | 70 | Tujuh puluh |
8 | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 70 | Tujuh puluh |
B | Mulok : | | |
| a. Budaya daerah | 65 | Enam puluh |
| b. B. Inggris | 65 | Enam puluh |
| c. lain-lain | 65 | Enam puluh |
| | | |
* disesuaikan dengan kebijakan Pemerintah daerah
7. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran
Kriteria Kenaikan Kelas :
þ Siswa dinyatakan naik kelas setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti.
þ Tidak terdapat nilai di bawah SKBM
þ Memiliki nilai minimal Baik untuk aspek kepribadian pada semester yang diikuti.
b. Kriteria Kelulusan
þ Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
þ Memperoleh nilai minimal Baik untuk seluruh kelompok Mata Pelajaran ; Agama dan Akhlaq mulia, Kewarganegaraan dan kepribadian, Estetika, Jasmani Olahraga dan kesehatan.
þ Lulus Ujian Sekolah/Ujian Nasional sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional yang berlaku
III. Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan SD / MI Tahun Pelajaran 2006-2007
Semester 1 :
JULI 2006 | | AGUSTUS 2006 | | SEPTEMBER 2006 | |||||||||||||||||||
Minggu | 25 | 2 | 9 | 16 | 23/30 | | Minggu | | 6 | 13 | 20 | 27 | | Minggu | 27 | 3 | 10 | 17 | 24 | ||||
Senin | 26 | 3 | 10 | 17 | 24/31 | | Senin | | 7 | 14 | 21 | 28 | | Senin | 28 | 4 | 11 | 18 | 25 | ||||
Selasa | 27 | 4 | 11 | 18 | 25 | | Selasa | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | Selasa | 29 | 5 | 12 | 19 | 26 | ||||
Rabu | 28 | 5 | 12 | 19 | 26 | | Rabu | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | Rabu | 30 | 6 | 13 | 20 | 27 | ||||
Kamis | 29 | 6 | 13 | 20 | 27 | | Kamis | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | | Kamis | 31 | 7 | 14 | 21 | 28 | ||||
Jum'at | 30 | 7 | 14 | 21 | 28 | | Jum'at | 4 | 11 | 18 | 25 | 1 | | Jum'at | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | ||||
Sabtu | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | Sabtu | 5 | 12 | 19 | 26 | 2 | | Sabtu | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | ||||
HE | 13 hari | | | | | | HE | 24 | | | | | | HE | 18 | | | | | ||||
1-15 | Libur Kenaikan Kelas | | 17 | Libur HUT RI | | 25-30 | Libur Awal Ramadlan | ||||||||||||||||
| | | | | | | 19 | Lomba HUT RI | | | | | | | | | |||||||
15 | Back to School | | 21 | Isro Mi'raj 1427 H | | | | | | | | | |||||||||||
17 | Awal KBM 2006-2007 | | | | | | | | | | | | | | | ||||||||
| Pekan Orientasi Siswa | | | | | | | | | | | | | | | ||||||||
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | ||||
OKTOBER 2006 | | NOVEMBER 2006 | | DESEMBER 2006 | ||||||||||||||||
Minggu | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | Minggu | 29 | 5 | 12 | 19 | 26 | | Minggu | 26 | 3 | 10 | 17 | 24/31 | |
Senin | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | Senin | 30 | 6 | 13 | 20 | 27 | | Senin | 27 | 4 | 11 | 18 | 25 | |
Selasa | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | | Selasa | 31 | 7 | 14 | 21 | 28 | | Selasa | 28 | 5 | 12 | 19 | 26 | |
Rabu | 4 | 11 | 18 | 25 | 1 | | Rabu | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | Rabu | 29 | 6 | 13 | 20 | 27 | |
Kamis | 5 | 12 | 19 | 26 | 2 | | Kamis | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | Kamis | 30 | 7 | 14 | 21 | 28 | |
Jum'at | 6 | 13 | 20 | 27 | 3 | | Jum'at | 3 | 10 | 17 | 24 | 1 | | Jum'at | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | |
Sabtu | 7 | 14 | 21 | 28 | 4 | | Sabtu | 4 | 11 | 18 | 25 | 2 | | Sabtu | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | |
HE | 6 | | | | | | HE | 26 | | | | | | HE | 8 | | | | | |
2 - 7 | KBM | | | | | | | | | 11-16 | Ulangan Akhir Semester | |||||||||
9 - 14 | Sanlat | | | | | | | | | | | | 23 | Pembagian Raport | | |||||
16-31 | Libur I'dul Fitri | | | | | | | | | | | 25 | Libur Hari Natal | | ||||||
| | | | | | | | | | | | | | 25-30 | Libur Semester I | | ||||
| | | | | | | | | | | | | | 31 | I'dul Adha 1427 H | | ||||
| | | | | | | | | | | | | | 18-20 | Pekan Kreatifitas | |||||
Semester 2 :
JANUARI 2007 | | FEBRUARI 2007 | | MARET 2007 | ||||||||||||||||
Minggu | 30 | 7 | 14 | 21 | 28 | | Minggu | 28 | 4 | 11 | 18 | 25 | | Minggu | 25 | 4 | 11 | 18 | 25 | |
Senin | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | Senin | 29 | 5 | 12 | 19 | 26 | | Senin | 26 | 5 | 12 | 19 | 26 | |
Selasa | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | Selasa | 30 | 6 | 13 | 20 | 27 | | Selasa | 27 | 6 | 13 | 20 | 27 | |
Rabu | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | | Rabu | 31 | 7 | 14 | 21 | 28 | | Rabu | 28 | 7 | 14 | 21 | 28 | |
Kamis | 4 | 11 | 18 | 25 | 1 | | Kamis | 1 | 8 | 15 | 22 | 1 | | Kamis | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | |
Jum'at | 5 | 12 | 19 | 26 | 2 | | Jum'at | 2 | 9 | 16 | 23 | 2 | | Jum'at | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | |
Sabtu | 6 | 13 | 20 | 27 | 3 | | Sabtu | 3 | 10 | 17 | 24 | 3 | | Sabtu | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | |
HE | 21 | | | | | | HE | 24 | | | | | | HE | 21 | | | | | |
1 | Tahun Baru 2007 M | | | | | | | | | 19-24 | Kompetisi Mata Pelajaran Assalaam | |||||||||
02-07 | Libur Semester I | | | | | | | | | | | (KOMPAS) | | | ||||||
8 | Awal Semester II | | | | | | | | | | | | | | | | ||||
| Tahun Baru Hijriyah | | | | | | | | | | | | | | | |||||
APRIL 2007 | | MEI 2007 | | JUNI 2007 | |||||||||||||||||||||
Minggu | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | Minggu | 29 | 6 | 13 | 20 | 27 | | Minggu | 27 | 3 | 10 | 17 | 24 | ||||||
Senin | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | Senin | 30 | 7 | 14 | 21 | 28 | | Senin | 28 | 4 | 11 | 18 | 25 | ||||||
Selasa | 3 | 10 | 17 | 24 | 1 | | Selasa | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | Selasa | 29 | 5 | 12 | 19 | 26 | ||||||
Rabu | 4 | 11 | 18 | 25 | 2 | | Rabu | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | Rabu | 30 | 6 | 13 | 20 | 27 | ||||||
Kamis | 5 | 12 | 19 | 26 | 3 | | Kamis | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | | Kamis | 31 | 7 | 14 | 21 | 28 | ||||||
Jum'at | 6 | 13 | 20 | 27 | 4 | | Jum'at | 4 | 11 | 18 | 25 | 1 | | Jum'at | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | ||||||
Sabtu | 7 | 14 | 21 | 28 | 5 | | Sabtu | 5 | 12 | 19 | 26 | 2 | | Sabtu | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | ||||||
HE | 22 | | | | | | HE | 27 | | | | | | HE | 2 | | | | | ||||||
21 | Hari Kartini | | | | 1 - 4 | Latihan | | | | | |||||||||||||||
| Libur Maulid Nabi | | | | 07-19 | US Praktek | | 04-09 | US Tulis | | | ||||||||||||||
| Libur Wafat Yesus | | | | 21-22 | TKD-3 | | | | | 11-12 | UMP | | |
| ||||||||||
30 | Latihan | | | | 21-26 | Ulum-6 | | | | | 15-23 | Ulum Kelas 1 - 5 |
| ||||||||||||
| | | | | | | | | | | 30 | Kenaikan Kelas |
| ||||||||||||
Catatan | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Hari Efektif Semester I (Ganjil) = 95 hari | | | | | | | | | | | | | | ||||||||
Hari Efektif Semester II (Genap) = 117 hari | | | | | | | | | | | | | | ||||||||
Libur Kenaikan Kelas Tanggal, 02 - 15 Juli 2007 | | | | | | | | | | | | | |||||||||
Dissesuaikan dengan kep |
| ||||||||||||||||||||
LAMPIRAN: SILABUS
1. P endidikan Agama |
2. Pendidikan Kewarganegaraan |
3. Bahasa Indonesia |
4. Matematika |
5. Ilmu Pengetahuan Alam |
6. Ilmu Pengetahuan Sosial |
7. Seni Budaya dan Keterampilan |
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar