Sabtu, 24 Januari 2009

ktsp SD

PEMERINTAH KOTA BUKITTINGGI

SD NEGERI 01 CAMPAGO IPUH

KEC. MANDIANGIN KOTO SELAYN

JL. H. MISKIN NO. 1 TEL. 07527021459


I. PENDAHULUAN

A. Rasional

Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan dan pembaruan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasar pun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru, sehingga mengalami perubahan-perubahan kebijakan.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar..................dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah dibawah koordinasi dan suvervisi Dinas Pendidikan Kota/kab.......... , serta dengan bimbingan nara sumber ahli pendidikan dan pembelajaran dari Universitas ..................... dan Universitas ..................... Pengembangan kurikulum ini didasarkan apada prinsip-prinsip sebagai berikut:

1. berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya;

2. beragam dan terpadu;

3. tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;

4. relevan dengan kebutuhan kehidupan;

5. menyeluruh dan berkesnambungan;

6. belajar sepanjang hayat; dan

7. seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

Pada akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulumlah (baca: guru) yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajaran. Para pendidik juga hendaknya mampu menyiptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak, sehingga anak betah di sekolah. Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di sekolah dasar hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan. Dengan spirit seperti itulah kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Sekolah Dasar ……………………….

B. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

1. Visi :

Terwujudnya akhlaq, prestasi, berwawasan global yang dilandasi nilai-nilai budaya luhur sesuai dengan ajaran Agama .

2. Misi

2.1. Menanamkan keyakinan/ akidah melalui pengamalan ajaran agama .

2.2. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan.

2.3. Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK, bahasa, olahraga dan seni budaya sesuai dengan bakat, minat dan potensi siswa.

2.4. Menjalin kerjasama yang harmonis antara warga sekolah dan lingkungan.

3. Tujuan

3.1. Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;

3.2. Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kabupaten /Kota............

3.3. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;

3.4. Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;

3.5. Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.

II. Struktur Dan Muatan Kurikulum

A. Struktur Kurikulum

NO

Komponen

Alokasi Waktu

KTSP SD

KELAS

1

2

3

4

5

6

A

Mata Pelajaran

1

Pendidikan Agama

Pendekatan Tematik

3

3

3

2

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

3

Bahasa Indonesia

5

5

5

4

Matematika

5

5

5

5

Ilmu Pengetahuan Alam

4

4

4

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

3

3

3

7

Seni Budaya dan Keterampilan

4

4

4

8

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

4

4

4

B

Mulok :

a. Budaya daerah

2

2

2

b. B. Inggris

2

2

2

c. ......... ( disesuaikan)

2

2

2

d.

C

Pengembangan Diri

2*)

2*)

2*)

Jumlah

26

27

28

36

36

36

*) Ekuivalen 2 Jam Pembelajaran
Keterangan :
1. 1 (satu) Jam pelajaran alokasi waktu 35 menit.
2. Kelas 1, 2, dan 3 pendekatan Tematik, alokasi waktu permata pelajaran diatur sendiri oleh SD/MI

3. Kelas 4, 5, dan 6 pendekatan Mata Pelajaran

4. Sekolah dapat memasukan pendidikan yang berbasis keunggulan lokal dan global, yang merupakan bagian dari mata pelajaran yang diunggulkan

5.Mengenai pembelajaran tematis sekolah dapat menentukan alokasi waktu permata pelajaran sedangkan dalam PBM menggunakan pendekatan tematis.

B. Muatan Kurikulum

1. Mata Pelajaran

a. Pendidikan Agama Islam ( bagi siswa muslim)

Pendidikan Agama Islam di SD/MI bertujuan untuk:

· menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;

· mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

b. Pendidikan Kewarganegaraan

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

· Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan

· Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi

· Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya

· Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

c. Bahasa Indonesia

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

· Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis

· Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara

· Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan

· Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial

· Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa

· Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

d. Matematika

Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

· Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah

· Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika

· Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh

· Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah

· Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

e. IPA

Mata Pelajaran IPA di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

· Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya

· Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

· Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat

· Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan

· Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam

· Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan

· Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.

f. IPS

Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

§ Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya

§ Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial

§ Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan

§ Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.

g. Seni Budaya dan Ketrampilan

Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

§ Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan

§ Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan

§ Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan

§ Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

i. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

· Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih

· Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.

· Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar

· Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan

· Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis

· Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan

· Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

2. Muatan Lokal

a. Budaya Daerah

Tujuan :

· Mengembangkan kemampuan beradat berbudaya daerah

· Memupuk kemampuan dalam berbahasa daerah .

· Menigkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra daerahnya.

· Mengembangkan dan melestarikan hasil kreasi budaya daerah sebagai salah satu unsur kebudayaan nasional

· ..............( Sesuaikan dg kebutuhan daerah)

b. Bahasa Inggris

Tujuan :

· Mengenalkan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi internasional

· Membekali siswa untuk mampu berhasa Inggris

c. Muatan lokal lain Disesuaikan dengan daerah,misalnya:

- Keterampilan/ Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tujuan :

§ Memperkenalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi

§ Membekali siswa dalam penerapan teknologi sebagai media belajar.

§ Membekali siswa untuk terampil menggunakan Tehnologi Informasi

3. Pengembangan diri

Meliputi beragam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa, yang terdiri atas :

a. Kewiraan

1. Pramuka

2. Peraturan Baris Berbaris

b. Olahraga

1. Drumband

2. Pencak Silat

3. Sepakbola

4. Softball-Baseball

5. Taekwondo

6. Tenis Meja

7. Olahraga tradisional

c. Seni

1. Seni Karawitan ( menganyam,menyulam dll)

2. Seni Lukis

3. Seni Tari

4. Seni Musik dan Vokal

5. Seni tradisional daerah lainnya

d. UKS

1. Dokter kecil

2. Kebun Sekolah

3. dll

e. Ilmiah

1. English Club

2. Kelompok Ilmiah Dasar / KI

f. Kegiatan pembiasan

Merupakan proses pembentukan akhlaq dan penanaman/ pengamalan ajaran islam.

Adapun kegiatan pembiasaan meliputi :Pengajian Mentari PagiHafalan Juz Amma dan Sura pilihanDoa-doa harian,Sifat-sifat Allah dan Rosul,Senandung Sholawat Nabi,Pembinaan Tilawatil Qur-an,Peringatan Hari Besar Islam: (Pesantren Ramadlan,Tahun Baru Islam), Sholat Berjamaah, Penanaman Akhlaq Islami, misalnya,Membudayakan pengucapan salam

Membudayakan cium tangan terhadap orang tua dan guru,Makan dan minum tidak sambil berdiri.Menjaga kebersihan pribadi, pakaian dan lingkungan,Pembisaan Sholat memakai sarung.

5. Pengaturan Beban Belajar

Beban belajar yang digunakan adalah system paket sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum, yaitu :

Kelas

Satu jam pembelajaran tatap muka/menit

Jumlah jam pembelajaran per-minggu

Minggu efektif Per-tahun ajaran

Waktu pembelajaran/jam per-tahun

1

35

26

37

962

2

35

27

37

999

3

35

28

37

1036

4

35

36

37

1332

5

35

36

37

1332

6

35

36

33

1221

6. Ketuntasan Belajar *

No

Mata Pelajaran

Standar ketuntasan Belajar Minimal (SKBM)

Angka

Huruf

1

P endidikan Agama

75

Tujuh puluh lima

2

Pendidikan Kewarganegaraan

70

Tujuh puluh

3

Bahasa Indonesia

75

Tujuh puluh lima

4

Matematika

65

Enam puluh lima

5

Ilmu Pengetahuan Alam

70

Tujuh puluh

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

70

Tujuh puluh

7

Seni Budaya dan Keterampilan

70

Tujuh puluh

8

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

70

Tujuh puluh

B

Mulok :

a. Budaya daerah

65

Enam puluh lima

b. B. Inggris

65

Enam puluh lima

c. lain-lain

65

Enam puluh lima

* disesuaikan dengan kebijakan Pemerintah daerah

7. Kenaikan Kelas dan Kelulusan

a. Kenaikan Kelas

Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran

Kriteria Kenaikan Kelas :

þ Siswa dinyatakan naik kelas setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti.

þ Tidak terdapat nilai di bawah SKBM

þ Memiliki nilai minimal Baik untuk aspek kepribadian pada semester yang diikuti.

b. Kriteria Kelulusan

þ Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.

þ Memperoleh nilai minimal Baik untuk seluruh kelompok Mata Pelajaran ; Agama dan Akhlaq mulia, Kewarganegaraan dan kepribadian, Estetika, Jasmani Olahraga dan kesehatan.

þ Lulus Ujian Sekolah/Ujian Nasional sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional yang berlaku

III. Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan SD / MI Tahun Pelajaran 2006-2007

Semester 1 :

JULI 2006

AGUSTUS 2006

SEPTEMBER 2006

Minggu

25

2

9

16

23/30

Minggu

6

13

20

27

Minggu

27

3

10

17

24

Senin

26

3

10

17

24/31

Senin

7

14

21

28

Senin

28

4

11

18

25

Selasa

27

4

11

18

25

Selasa

1

8

15

22

29

Selasa

29

5

12

19

26

Rabu

28

5

12

19

26

Rabu

2

9

16

23

30

Rabu

30

6

13

20

27

Kamis

29

6

13

20

27

Kamis

3

10

17

24

31

Kamis

31

7

14

21

28

Jum'at

30

7

14

21

28

Jum'at

4

11

18

25

1

Jum'at

1

8

15

22

29

Sabtu

1

8

15

22

29

Sabtu

5

12

19

26

2

Sabtu

2

9

16

23

30

HE

13 hari

HE

24

HE

18

1-15

Libur Kenaikan Kelas

17

Libur HUT RI

25-30

Libur Awal Ramadlan

19

Lomba HUT RI

15

Back to School

21

Isro Mi'raj 1427 H

17

Awal KBM 2006-2007

Pekan Orientasi Siswa

























OKTOBER 2006

NOVEMBER 2006

DESEMBER 2006

Minggu

1

8

15

22

29

Minggu

29

5

12

19

26

Minggu

26

3

10

17

24/31

Senin

2

9

16

23

30

Senin

30

6

13

20

27

Senin

27

4

11

18

25

Selasa

3

10

17

24

31

Selasa

31

7

14

21

28

Selasa

28

5

12

19

26

Rabu

4

11

18

25

1

Rabu

1

8

15

22

29

Rabu

29

6

13

20

27

Kamis

5

12

19

26

2

Kamis

2

9

16

23

30

Kamis

30

7

14

21

28

Jum'at

6

13

20

27

3

Jum'at

3

10

17

24

1

Jum'at

1

8

15

22

29

Sabtu

7

14

21

28

4

Sabtu

4

11

18

25

2

Sabtu

2

9

16

23

30

HE

6

HE

26

HE

8

2 - 7

KBM

11-16

Ulangan Akhir Semester

9 - 14

Sanlat

23

Pembagian Raport

16-31

Libur I'dul Fitri

25

Libur Hari Natal

25-30

Libur Semester I

31

I'dul Adha 1427 H

18-20

Pekan Kreatifitas






















Semester 2 :

JANUARI 2007

FEBRUARI 2007

MARET 2007

Minggu

30

7

14

21

28

Minggu

28

4

11

18

25

Minggu

25

4

11

18

25

Senin

1

8

15

22

29

Senin

29

5

12

19

26

Senin

26

5

12

19

26

Selasa

2

9

16

23

30

Selasa

30

6

13

20

27

Selasa

27

6

13

20

27

Rabu

3

10

17

24

31

Rabu

31

7

14

21

28

Rabu

28

7

14

21

28

Kamis

4

11

18

25

1

Kamis

1

8

15

22

1

Kamis

1

8

15

22

29

Jum'at

5

12

19

26

2

Jum'at

2

9

16

23

2

Jum'at

2

9

16

23

30

Sabtu

6

13

20

27

3

Sabtu

3

10

17

24

3

Sabtu

3

10

17

24

31

HE

21

HE

24

HE

21

1

Tahun Baru 2007 M

19-24

Kompetisi Mata Pelajaran Assalaam

02-07

Libur Semester I

(KOMPAS)

8

Awal Semester II

Tahun Baru Hijriyah






















APRIL 2007

MEI 2007

JUNI 2007

Minggu

1

8

15

22

29

Minggu

29

6

13

20

27

Minggu

27

3

10

17

24

Senin

2

9

16

23

30

Senin

30

7

14

21

28

Senin

28

4

11

18

25

Selasa

3

10

17

24

1

Selasa

1

8

15

22

29

Selasa

29

5

12

19

26

Rabu

4

11

18

25

2

Rabu

2

9

16

23

30

Rabu

30

6

13

20

27

Kamis

5

12

19

26

3

Kamis

3

10

17

24

31

Kamis

31

7

14

21

28

Jum'at

6

13

20

27

4

Jum'at

4

11

18

25

1

Jum'at

1

8

15

22

29

Sabtu

7

14

21

28

5

Sabtu

5

12

19

26

2

Sabtu

2

9

16

23

30

HE

22

HE

27

HE

2

21

Hari Kartini

1 - 4

Latihan US

Libur Maulid Nabi

07-19

US Praktek

04-09

US Tulis

Libur Wafat Yesus

21-22

TKD-3

11-12

UMP

30

Latihan US

21-26

Ulum-6

15-23

Ulum Kelas 1 - 5

30

Kenaikan Kelas



























Catatan

Hari Efektif Semester I (Ganjil) = 95 hari

Hari Efektif Semester II (Genap) = 117 hari

Libur Kenaikan Kelas Tanggal, 02 - 15 Juli 2007

Dissesuaikan dengan kep























LAMPIRAN: SILABUS

1. P endidikan Agama

2. Pendidikan Kewarganegaraan

3. Bahasa Indonesia

4. Matematika

5. Ilmu Pengetahuan Alam

6. Ilmu Pengetahuan Sosial

7. Seni Budaya dan Keterampilan

8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar