RENCAANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/II
Pertemuan ke : I
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standart Kopetensi : Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentu suatu benda.
Kopetensi Dasar : Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan atau tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
Indikator : - Membuat daftar berbagai gerak benda.
- Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda
- Mendemontrasikan cara menggerakkan benda
I. Tujuan Pembelajaran : - Memberikan definisi gaya
- Memberi contoh tiga macam gerak benda dan tiga macam yang mempengaruhi gerak benda
- Melakukan percobaan tentang gaya dapat mengubah gerak benda.
II. Materi Pokok : Pengaruh benda terhadap gerak benda
III. Metoda : - Tanya Jawab
- Diskusi
- Percobaan/Eksperimen
IV. Langkah – Langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1.Pernahkan anak-anak melihat sepak bola, coba ceritakan bagaimana gol tercetak ketika di lakukan tendangan pojok?
2.menyampaikan tujuan : Menyimpulkan bahwa gaya dapat mengubah gerak benda
B. kegiatan Inti
1. Membagi kelompok , 3 – 4 orang per kelompok
2. Setiap kelompok melakukan percobaan dengan menggunakan lembar kerja Pengaruh Gaya terhadap perubahan gerak. Sementara guru membimbing kelompok
3. Presentasi kerja kelompok oleh satu kelompok di tanggapi oleh kelompok lain. Sementara guru memberikan umpan balik dan penguatan.
C. Penutup
1. Merangkum materi pengaruh gaya terhadap perubahan gerak
2. Memberi tes formatif tertulis (tes terlampir)
3. Memberi tugas setiap anak membawa tanah liat pada pertemuan berikutnya
V. Alat/Bahan/Sumber
a. Sember
- Buku teks Sains kelas IV terbitan Airlangga
- Buku paket IPA
- Buku teks lain yang relefan
b. Alat/Bahan :
- Sesuai denga lembar kerja siswa terlampir
VI. Penilaian
- Tes tertulis
- Tes perbuatan
- Instrumen penilaian terlapir
INSTRUMEN PENILAIAN
I. Tes tertulis
a. Apa yang dimaksud dengan gaya
b. Sebutkan macam –macam gaya
c. Berikan enam contoh gerak dan enam jenis gaya yang menyebabkan.
II. Tes Perbuatan
Demontrasikan percobaan yang menunjukkan pengaruh gaya terhadap gerak dengan menggunakan enam jenis gaya.
Format Pengamatan
No | Demontrasi Yang Diamati | Skor hasil Pengamatan | |
Ya | Tidak | ||
1. 2. 3. 4. 5. 6. | Pengaruh gaya listrik terhadap gerak benda Pengaruh gaya magnit terhadar gerak benda Pengaruh gaya otot pada gerak benda Pengaruh gaya pegas terhadap gerak benda Pengaruh gaya gesek terhadap gerak benda Pengaruh gaya grafitasi bumi terhadap gerak benda | | |
Keterangan :
Skor hasil pengamatan 1 jika dilakukan/ya
Skor hasil pengamatan 0 Jika tidak dilakukan
Skor yang diperoleh X 10 Skor Maksimum(6) |
LEMBAR KERJA SISWA
Tujuan : Menunjukkan bahwa gaya dapat mengubah gerak suatu benda.
Alat/bahan
- Magnit
- Paku Kecil
- Penggaris Plastik
- Potongan-potongan kecil kertas
- Batu/Potongan Kayu
- Kelereng
- Kursi
- Pegas/Karet
Kegiatan dan hasil pengamatan
No | Kegiatan | Hasil Pengamatan | |
Diam | Gerak | ||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12 | Paku kecil sebelum di dekati magnit Paku kecil setelah didekati magnit Potongan – potongan kecil kertas sebelum didekati penggaris plastik yang telah digosok rambut Potongan – potongan kecil kertas setelah didekati dengan penggaris plastik yang telah digosok rambut Kursi sebelum ditarika Kursi setelah ditarik Benda ketika masih di pegang Benda setelah dijatuhkan Benda ketika dipegang pad ujung pegas yang telah diregang Benda pada ujung pegas yang sudah di regang setelah di lepas Kelerang ketika di lempar di lantai Kelereng yang telah dilempar dilantai setelah berapa lama di tunggu | | |
Keterangan
1) Magnit menarik paku kescil dengan gaya magnit
2) Penggaris plastik yang digosok rambut dapat menghasilkan gaya listrik
3) Kita menarik kursi dengan gaya otot
4) Pegas yang telah direntang menghasilkan gaya pegas
5) Kelereng yang bergerak di lantai akhinya berhenti karena mendapat gaya gesek
6) Benda jatuh karena gaya grafitasi bumi
Kesimpulan
Dari hasil kegiatan dan pengamatan serta keterangan di atas simpulkan hubungan gaya dengan garak.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : VI / I
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 2x35 menit (1 x pertemuan )
Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara ciri ciri makhluk hidup dengan lingkungan
tempat hidupnya
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara ciri ciri khusus yang dimiliki hewan
(kelelawar,cicak,bebek) dan lingkungan hidupnya
Indikator
Menyebutkan ciri-ciri khusus hewan tertentu (kelelawar,cicak,bebek)
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan ciri ciri khusus tertentu (kelelawar,cicak,bebek)
II. Materi Pokok
Ciri ciri makhluk hidup
III. Metode Pembelajaran
Diskusi,Tanya Jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menyanyikan lagu Cicak di Dinding
Tanya jawab singkat tentang hewan tertentu
Kegiatan inti
- Siswa dibagi kelompok ( anggota maksimal 4 orang)
- Mengamati gambar disiapkan guru
- Diskusi hasil kerja kelompok
- Laporan hasil diskusi
- Menyimpulkan hasil kerja kelompok
Kegiatan akhir
- Penugasan membuat klipping jenis hewan dengan ciri khusus (tugas perorangan
V. Alat dan Sumber bahan
-Gambar
-Buku paket
-Buku penunjang
-Lingkungan sekitar
VI. Penilaian
Tes tertulis
Jawablah pertanyaan di bawah ini
1. Tulislah ciri ciri khusus dari kelelawar
2. Tulislah ciri ciri khusus dari cicak
3. Tulislah ciri ciri khusus dari bebek
4. Apa kegunaan dari selaput jari untuk bebek
5. Apa kegunaan perekat kaki pada cicak
LEMBAR KERJA
1. Amatilah gambar dibawah ini dengan teman kelompokmu
2. Diskusikan apa ciri ciri khusus yang dimiliki hewan di bawah ini dalam hubungannya dengan lingkungan hidupnya
3. Buatlah kesimpulan dan laporkanlah daalam diskusi kelas
No | Nama Binatang | Ciri khusus | Tempat hidup |
1 | Kelelawar | 1. 2. 3. 4. 5. 6. | |
2 | Cicak | 1 2 3 4 5 6 7 | |
3 | Bebek | 1 2 3 4 5 6 7 | |
Kelompok :
PORMAT PENILAIAN
No | Klp | Nama Siswa | Asfek yang dinilai | Skore Nilai | | ||
Kerjasama | Kemampuan berpendapat | Ketrampilan | |||||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
3 | | | | | | | |
4 | | | | | | | |
5 | | | | | | | |
6 | | | | | | | |
7 | | | | | | | |
8 | | | | | | | |
9 | | | | | | | |
10 | | | | | | | |
11 | | | | | | | |
12 | | | | | | | |
Keterangan
A . Amat baik : 9,1 – 10 Guru Kelas
B. Baik : 8,1 – 9
C. Sedang : 7,1 – 8
D. Cukup : 6,1 – 7
E. Kurang : 5,1 – 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : V / I
Pertemuan ke : I
Alokasi Waktu : 2x35 menit (1 x pertemuan )
Standar Kompetensi
Mengidentifikasi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
Indikator
Menyebutkan organ organ pernapasan manusia
I.Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan organ organ pernapasan manusia
- Siswa dapat menggambar organ organ pernapasan manusia
II. Maateri Pokok
Organ pernapasan manusia
III.Metode
Pengamatan/observasi
Diskusi
Tugas
Tanya jawab
IV. Langkah langkah pembelajaran
A.Kegiatan awal
- Menyiapkan model/gambar organ pernapasan manusia
- Membagi kelompok
B. Kegiatan inti
- Melakukan pengamatan model/gambar organ pernapasan manusia secara kelompok
- Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
- Melaporkan hasil diskusi pada diskusi kelas
- Menyimpulkaan hasil diskusi
V. Penilaian
Tertulis
Lisan
Projek
VI Alat dan bahan pelajaran
Buku teks
Gambar/model pernapasan manusia
Lingkungan
Surabaya, 22 Juli 2006.
Mengetahui Guru Kelas
Kepala Sekolah
LEMBAR KERJA
Diskusikan dengan teman kelompokmu mengenai
1. Organ organ pernapasan manusia
2. Gambar organ pernapasan manusia
3. Tuliskan fungsi organ pernapasan manusia
Buatlah laporan hasil diskussi kelompok
No | Nama Siswa | Asfek yang dinilai | | ||
Sistimatika | Deskrifsi tulisa | Ketepatan hasil | Skore/ jumlah | ||
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
4 | | | | | |
5 | | | | | |
6 | | | | | |
7 | | | | | |
8 | | | | | |
9 | | | | | |
10 | | | | | |
11 | | | | | |
12 | | | | | |
13 | | | | | |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : V / II
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2x35 menit (1 x pertemuan )
Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara gaya gerak dan energi serta fungsinya
Kompetensi Dasar
Mendeskrifsikan hubungan antara gaya,gerak dan energi melalui percobaan
(gaya gravitasi,gaya gerak,gaya magnet)
Indikator
- Membandingkan kecepatan jatuh dua benda yang berbeda berat
- Menyimpulkan gaya gravitasi bumi menyebabkan benda jatuh
I.Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membandingkan kecepatan jatuhnya benda yang beratnya 1 kg dengan benda yang beratnya 2 kg
- Siswa dapat menjelaskan penyebab cepat lambatnya benda jatuh ke bumi
- Siswa dapat menyimpulkan bahwa gaya gravitasi penyebab jatuhnya benda
II. Maateri Pokok
Hubungan antara gaya gerak dan energi
III.Metode
Pengamatan/observasi Diskusi
Tugas Tanya jawab
IV. Langkah langkah pembelajaran
A.Kegiatan awal
- Menyiapkan alat alat yang akan didemontrasikan
- Pembagian kelompok
- Apersepsi
B. Kegiatan inti
- Mendemontrasikan secara kelompok untuk menjatuhkan berbagai benda secara bergantian
- Mendiskusikan hasil pengamatan pada uji coba (demontrasi jatuhnya benda)
- Mencatat dan melaporkan hasil diskusi pada diskusi kelas
- Menyimpulkan hasil diskusi
C Kegiatan akhir
Pemantapan konsep
Tanya jawab, latihan dan tugas
V. Penilaian
Tertulis Lisan
Projek
VI Alat dan bahan pelajaran
Buku teks
Macam macam benda
Lingkungan
Surabaya, 22 Juli 2006.
Mengetahui Guru Kelas
Kepala Sekolah
LEMBAR KERJA
Diskusikanlah suruhan suruhan dibawah ini dengan teman kelompokmu setelah itu susunlah laporanmu
- Lontarkan benda benda yang ada di hadapanmu secara bergantian.
amati apa yang terjadi dan catatlah
- Lontarkan benda yang beratnya 1 kg dengan benda yang beratnya o,5 kg secara bersamaan ,amati apa yang terjadi
Bandingkan kecepatan antar benda yg beratnya 1 kg dengan 0,5 kg
- Kesimpulan apa yang dapat kamu per oleh dari kegiatan 1 dan 2 di atas
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : VI / II
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2x35 menit (1 x pertemuan )
Standar Kompetensi
Mempraktekan pola penggunaan dan perpindahan energi
Kompetensi Dasar
Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
Indikator
- Mendeskrifsikan perubahan energi listrik menjadi energi beentuk lain
I.Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mendemontrasikan perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain
- Siswa dapat menjelaskan penyebab cepat lambatnya benda jatuh ke bumi
- Siswa dapat memberikan contoh contoh alat rumah tangga yang menggunakan prinsip perubahan energi listrik memnadi energi laain
II. Materi Pokok
Perpindahan dan perubahan energi listrik
III.Metode
Pengamatan/observasi
Diskusi / Demontrasi
Tugas Tanya jawab
IV. Langkah langkah pembelajaran
A.Kegiatan awal
- Menyiapkan alat aalat yang akan didemontrasikan
- Apersepsi
B. Kegiatan inti
- Mendemontrasikan penggunaan alat yang menggunaakan prinsif perubaahan listrik menjadi bentuk lain ( gerak ,panas )
- Mendiskusikan untuk menginventarisir alat aalat rumah tangga yang menggunakan konsep perubahan energi listrik menjadi bentuk lain
- Melaporkan hasil diskusi pada diskusi kelas
- Menyimpulkaan hasil diskusi
C. Kegiatan aakhir
Tanya jawab
Latihan dan tugas
V. Penilaian
Tertulis
Lisan
VI Alat dan bahan pelajaran
Buku teks
Macam macam benda yang menggunakan energi listrik
Lingkungan
Surabaya, 22 Juli 2006.
Mengetahui Guru Kelas
Kepala Sekolah
Rencana Pelaksanaan Pelajaran
Maapel : IPA
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan :
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia
Dengan fungsi serta pemeliharaanya
Kometensi Dasar : Mendeskripsikan hubungan antara struktur rangka manusia
dengan fungsi dan pemeliharaannya
Indikator : - Menyebutkan 3 bagian utama rangka manusia
- Manjelaskan fungsi rangka
I.Tujuaan Pembelajaran:
1.Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian utama rangka manusia
2.Siswa dapat menjelaskan fngsi rangka manusia
II. Materi Pokok
- Rangkamanusia dan fungsinya
III.Metode
- Tanya jawab
- Opservasi gambar
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegitan Awal
- Menyiapkan gambar / model
- Apersepsi ( Tanya jawab tentang rangka )
B. Kegiatan Inti
- Melakukan pengamatan pada model/gambar rangkamanusia secara kelompok.
- Mendiskusikan hasil pengamatan
- Melaporkan hasil pengamatan
B. Kegiatan Akhir
- Perbaikan dari hasil pengamatan disesuaikan dengan konsep rangka tubuh manusia
- Pemberian tugas (PR)
V. Penilaian
- Tertulis
- Lisan
- Unjuk kerja
VI. Alat/Bahan Belajar
- Gambar/model rangka manusia
- Buku teks yang sesuai
- LK (terlampir)
Lembar Kerja
Amatilah model/gambar rangka tubuh manusia
Diskusikan bagian-bagian rangka dan fungsinya (kelompok)
Catat hasil diskusimu dalam tabel berikut
No | Bagian Utama Rangka | Fungsinya |
| | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar