SILABUS MATEMATIKA KELAS IV
JULI 2006
Satuan Pendidikan : Sekolah dasar
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/ 1
No | SK | KD | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEG PEMBELAJARAN | ALOKASI WAKTU | ALAT SUMBER, BAHAN | PENILAIAN |
| Bilangan Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam memecahkan masalah | 1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung. | 1.1.1 Menemukan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah (Komutatif, assosiatif, dan distributive) | Sifat-sifat oprasi hiutng | - Melakukan pengamatan berbagai operasi hitung pada bilangan cacah untuk menemukan sifat-sifat operasi hitung komutatif, assosiatif dan distributif terhadap penjumlahan atau pengurangan. | 2 Jam | Kartu –kartu oprasi hitung | Tertulis |
1.2 Mengurutkan bilangan | 1.2.1 Mengurutkan dan menyusun bilangan dari kecil ke besar atau sebaliknya | Operasi hitung | - Mengurutkan bilangan mulai dari yang terkecil - Mengurutkan bilangan dari yang terbesar - Mengurutkan sekelompok bilangan yang nilainya tidak berutuan dari yang terkecil dan sebaliknya | 2 Jam | Kartu bilangan Kotak Nilai Tempat | Tertulis | ||
1.2.2 Menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratusan ribu | Nilai tempat | - Menentukan nilai tempat satuan, puluhan, ratusan, ribuan dan ratusan ribu. | 2 Jam | | | |||
1.2.3 Membandingkan dua bilangan melalui pemecahan masalah yang melibatkan nilai tempat | Nilai Tempat | - Menentukan nilai suatu angka pada sebuah bilangan berdasarkan nilai tempatnya - Menentukan jumlah nilai antara dua angka pada sebuah bilangan - Menentukan selisih nilai antara dua angka pada sebuah bilangan | 2 jam | | | |||
1.3 Melakukan hitung perkalian dan pembagian | 1.3.1 Menghafalkan perkalian dan pembagian sampai 100 | Perkalian dan Pembagian | - Membuat tabel perkalian sampai 100 - Mengamati dan membaca tabel perkalian untuk konsep pembagian. | 2 Jam | Tabel perkalian | Tertulis | ||
1.3.2 Melakukan perkalian dengan cara bersusun | | - Melakukan perkalian dua bilangan dua angka tanpa menyimpan secara bersusun - Melakukan perkalian dua bilangan dua angka dengan teknik menyimpan secara bersusun | 2 Jam | | | |||
1.3.3 Melakukan pembagian bersusun tanpa sisa | | - Melakukan pembagian bilangan dua angka dengan satu angka tanpa sisa. - Melakukan pembagian bilangan dua angka dengan dua angka tanpa sisa - Melakukan pembagian bilangan tiga angka denga satu angka tanpa sisa | 2 Jam | | | |||
1.3.4 Menentukan hasil bagi dan sisa dari suatu pembagian | | - Melakukan pembagian bilangan dua angka dengan satu angka dengan sisa - Melakukan pembagian bilangan tiga angka dengan dua angka dengan sisa | 2 Jam | | |
1
2
No | SK | KD | INDIKATOR | MAT POKOK | KEG PEMBELAJARAN | ALOKASI WAKTU | ALAT SUMBER, BAHAN | PENILAIAN |
| | 1.4 Melakukan operasi hitung campuran | 1.4.1Menggunakan sifat operasi hitung untuk melakukan perhitungan secara efisien. | | - Melakukan operasi hitung campuran yang menggunakan dua tanda operasi hitung. - Melakukan operasi hitung dengan menggunakan 3 atau 4 tanda operasi hitung | 2 Jam | Contoh –contoh soal | Tertulis |
1.4.2 Menentukan aturan operasi hitung campuran dan menggunakan dalam memecahkan masalah. | | - Melakukan operasi hitung campuran dengan menggunakan dua tanda operasi hitung pada soal cerita - Melakukan operasi hitung campuran dengan menggunalan 3 atau 4 operasi hitung pada soal cerita | 2 Jam | | | |||
1.5 Melakukan Penaksiran dan Pembulatan | 1.5.1 Membulatkan hasil operasi hitung dalam puluhan atau ratusan terdekat | Oprasi Hitung | - Membulatkan hasil operasi bilangan- ke puluhan, ratusan atau ribuan terdekat. | 2 Jam | Contoh-contoh soal | Tertulis | ||
1.5.2 Menaksir hasil operasi hitung ke puluhan, ratusan atau ribuan terdekat. | | - Melakukan pembulatan hasil dari oprasi hitung ke puluhan, ratusan atau ribuan terdekat. | 2 Jam | | | |||
1.6 Memecahkan masalah yang melibatkan uang | 1.6.1 Menaksir jumlah harga dari sekumpulan barang yang dijual sehari – hari | | - Menaksir jumlah harga sekelompok barang ke ratusan, ribuan, atau puluh ribuan rupiah terdekat. | 2 Jam | Barang-barang bekas Model Uang | Tertulis | ||
1.6.2 Menuliskan nilai mata uang dalam bentuk rupiah. | | - Mengamati nilai mata uang ratusan, - Menuliskan nilai mata uang dalam bentuk rupiah. | 2 Jam | | | |||
2 | Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah | 2.1 Mendeskripsikann konsep faktor dan kelipatan | 2.1.1 Menjelaskan konsep faktor suatu bilangan. | Faktor dan Kelipatan | - Melakukan pembagian suatu bilangan sampai habis - Menyimpulkan bahwa bilangan-bilangan pembagi habis merupakan factor dari suatu bilangan. | 2 Jam | Papan factor dan kelipatan Tabel perkalian | Tertulis |
2.1.2 Menjelaskan konsep kelipatan suatu bilangan | | - Melakukan perkalian sebuah bilangan dengan bilangan asli secara berjenjang - Menyimpulkan bahwa hasil perkalian merupakan suatu kelipatan dari sebuah bilangan. | 2 Jam | | | |||
2.2 Menentukan kelipatan dan faktor bilangan | 2.2.1 Menentukan faktor-faktor dari suatu bilangan | | - Menentukan faktor-faktor bilangan satu angka - Menetukan faktor-faktor bilangan dua angka | 2 Jam | Papan factor dan kelipatan Tabel perkalian | Tertulis | ||
2.2.2 Menentukan kelipatan suatu bilangan | | - Menentukan kelipatan-kelipatan bilangan satu angka - Menentukan kelipatan-kelipatan bilangan dua angka. | 2 jam | | | |||
| | | | | - | | | |
3
No | SK | KD | INDIKATOR | MAT POKOK | KEG PEMBELAJARAN | ALOKASI WAKTU | ALAT SUMBER, BAHAN | PENILAIAN |
| | 2.3 Menentukan Kelipatan persekutuan terkecil ( KPK) dan faktor persekutuan terbesar(FPB) | 2.3.1 Menentukan Kelipatan Persekutuan dari dua bilangan. | | - Menentukan kelipatan dua bilangan satu angka. - Menentukkan kelipatan dua bilangan dua angka. | 2 Jam | Papan factor dan Kelipatan Tabel perkalian | Tertulis |
2.3.2 Menentukan KPK dari dua bilangan | | - Menentukan Kelipatan Persekutuan dari dua bilangan satu angka - Menentukan Kelipatan Persekutuan dari dua bilangan dua angka - Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil ( KPK) dari dua bilangan dua angka | 2 Jam | | | |||
2.3.3 Menentukan faktor persekutuan dari dua bilangan | | - Menentukan faktor-faktor persekutuan dua bilangan satu angka - Menentukan faktor-faktor persekutuan dari dua bilangan dua angka - Menentukan Faktor-faktor Persekutuan dari dua bilangan satu dan dua angka. | 2 Jam | | | |||
2.3.4 Menentukan FPB dari dua bilangan | | - Menentukan Faktor Persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan | 2 Jam | | | |||
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB | 2.4.1 Menggunakan FPB atau KPK dalam perhitungan pecahan 2.4.2. Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan KPK dan FPB dalam penyelesaiannya | | - Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa dengan menggunakan KPK. - Melakukan penyerderhanaan pecahan biasa dengan menggunakan FPB. - Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dengan menggunakan KPK | 2 Jam | Papan factor dan Kelipatan Tabel perkalian | Tertulis | ||
3 | Menggunakan pengukuran sudut, panjang dan berat dalam pemecahan masalah | 3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak | 3.1.1 Membandingkan besar dua sudut. | Pengukuran | - Menggunakan sudut siku-siku dari lipatan kertas untuk membandingkan besar dua sudut. | 2 Jam | Model-model sudut Gambar –gambar sudut Busu derajat Lingkungan sekolah | Tertulis |
3.1.2 Mengukur besar sudut dengan sudut satuan dan satuan | | - Melakukan penyelidikan besar suatu sudut dengan menggunakan sudut satuan tak - Menggunakan busur derajat untuk mengukur besar suatu sudut. | 2 Jam | | |
4
No | SK | KD | INDIKATOR | MAT POKOK | KEG PEMBELAJARAN | ALOKASI WAKTU | ALAT SUMBER, BAHAN | PENILAIAN |
| | | 3.1.3 Menentukan benda-benda sekitar dan beberapa bangun datar yang memiliki sudut siku-siku. | | - Melakukan penyelidikan terhadap benda-benda di sekitar yang mempunyai sudut siku-siku. - Melakukan penyelidikan terhadap beberapa bangun datar yang mempunyai sudut siku-siku. | 2 Jam | | |
3.1.4 Menentukan besar suatu sudut dengan menggunakan busur derajat.. | | - Menggunakan busur derajat untuk mengukur besar suatu sudut. - Menggambar suatu sudut dengan besar sudut yang telah ditentukan. | 2 Jam | | | |||
3.2 Menentukan hubungan antara satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat | 3.2.1 Menentukan kesetaraan antar satuan waktu. | | - Melakukan penyelidikan tentang hubungan antara detik, menit dan jam - Melalkukan penyelidikan tentang hubungan antara hari, minggu, bulan, tahun, windu, abad - Menghitung kesetraan antar waktu. | 2 Jam | Model muka jam | Tertulis | ||
3.2.2 Menentukan kesetaraan antar satuan panjang | | - Melakukan penyelidikan tentang hubungan antara satuan panjang. - Menentukan hasil oprasi hitung yang menggunakan satuan panjang. | 2 Jam | | | |||
3.2.3 Menentukan kesetaraan antar satuan berat. | | - Melakukan penyelidikan tentang hubungan antara satuan berat. - Menentukan hasil oprasi hitung yang menggunakan satuan berat. | 2 Jam | Timbangan dan anak timbangan | | |||
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat | 3.3.1 Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan satuan waktu. | | - Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan satuan waktu dengan langkah-langkah yang tepat. | 2 Jam | Penggaris dengan berbagai satuan panjang Meteran | Tertulis | ||
3.3.2 Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan satuan panjang. | | - Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan satuan panjang dengan langkah-langkah yang tepat. | 2 Jam | | | |||
3.3.3 Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan satuan berat. | | - Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan satuan berat dengan langkah-langkah yang tepat. | 2 Jam | | | |||
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas. | 3.4.1 Melakukan operasi hitung htiungan yang berkaitan dengan satuan kuantitas : lusin, kodi dan gross. | | - Menentukan kesetaraan dari satuan kuantitas tertentu ke satuan kuantitas yang lain. - Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan satuan kuantitas ( lusin, kodi dan gross). | 2 Jam | | Tertulis | ||
3.4.2 Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas pada soal cerita. | | - Menemukan unsur-unsur yang terdapat pada soal cerita yang berkaitan dengan satuan kuantitas. - Menyelesaikan soal-soal cerita yang berkairtan dengan satuan kuatitas ( lusin, kodi dan gross ). | 2 Jam | | | |||
No | SK | KD | INDIKATOR | MAT POKOK | KEG PEMBELAJARAN | ALOKASI WAKTU | ALAT SUMBER, BAHAN | PENILAIAN |
4 | Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam memecahkan masalah | 4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga | 4.1.1 Mengamati dan menemukan rumus keliling dan luas jajar genjang 4.1.2 Menentukan keliling dan luas jajar genjang | Keliling dan Luas Bangun Datar | - Mengamati bangun jajar genjang utnuk menemukan unsurnya. - Mengukur sisi-sisi jajar genjang untuk menemukan keliling jajar genjang - Mengubah bentuk bangun jajar genjang menjadi persegi untuk menemukan rumus luas jajar genjang - Menyelesaiakn soal dengan menggunakan rumus luas jajar genjang. | 2 jam | Model bangun-bangun datar | Tertulis |
4.1.3 Mengamati dan menemukan rumus keliling dan luas segitiga 4.1.4 Menentukan keliling dan luas bangun segitiga | | - Mengamati bangun segitiga untuk menemukan unsur-unsurnya. - Mengukur sisi-sisi segitiga untuk menetukan kelilingnya. - Mengubah bentuk segitiga menjadi persegi panjang untuk merumuskan luas segitiga - Menyelesaikan soal dengan menggunakan rumus segitga. | 2 Jam | | | |||
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga | 4.2.1 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang | | - Menemukan unsur-unsur yang berkaitan dengan keliling dan luas jajar genjang yang terdpat pada soal cerita. - Meneyelesaian soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas jajar genjang. | 2 Jam | | Tertulis | ||
4.2.2 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas segitiga | | - Menemukan unsur-unsur yang berkaitan dengan keliling dan luas segitiga yang terdapat pada soal cerita. - Menyelesaian soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas segitiga. | 2 Jam | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar