MANAJEMEN KESISWAAN
Disampaikan pada
Diklat Manajemen Sekolah Dasar
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DITJEN MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PENDIDIKAN TK DAN SD
2005
MANAJEMEN KESISWAAN
Semua kegiatan di sekolah pada akhirnya ditujukan untuk membantu siswa mengembangkan dirinya Upaya itu akan optimal jika siswa sendiri secara aktif berupaya mengembangkan diri, sesuai dengan program-program yang dilakukan sekolah. Oleh karcna itu sangat penting untuk menciptakan kondisi agar siswa dapat mengembangkan diri secara optimal. Sebagai pemimpin di sekolah, kepala sekolah memegang peran penting dalam menciptakan kondisi tersebut, dengan mengacu pada;
/. Prinsip-prinsip Dasar dalam Manajemen Kesiswaan
a. Siswa harus diperlakukan sebagai subyek dan bukan obyek, sehingga harus didorong untuk berperan serta dalam setiap perencanaan dan pengambilan keputusan yang terkait dengan kegiatan mereka.
b. Sekolah memfasilitasi wahana kegiatan yang beragam yang dibutuhkan siswa.
c. Menciptakan lingkungan yang memotivasi siswa di dalam belajar.
2. Kegiatan yang Perlu Dilakukan Kepala Sekolah untuk Memantapkan Program Kesiswaan
a.Penerimaan siswa baru
b. Pembinaan siswa di sekolah
c. Pemantapan program kesiswaan.
3. Kegiatan dalam Penerimaan Siswa baru
dalam penerimaan siswa baru, yaitu :
a. Perencanan daya tampung
b. Pembinaan siswa sekolah
c. Pemantapan program kesiswaan.
4. Kegiatan Pembinaan Siswa di Sekolah
a. Cara Pengelompokan Siswa dalam kelas:
1) Dikelompokkan secara homogen
2) Dikelompokkan secara heterogen.
b. Kenaikan Kelas
Kepala sekolah perlu meyakinkan guru, orang tua siswa, maupun pihak lain yang terkait untuk menjelaskan kondisi anak didik jika tidak dapat naik kelas
c. Pembinaan Displin
Harus dilakukan sejak siswa masuk sekolah (sejak awal).
d. Kegiatan Ekstrakurikuler
Untuk pembinaan kepemimpinan, keagamaan, kepekaan sosial, olah raga, dan sebagainya. Siswa diwajibkan terlibat dalam salah satu kegiatan agar memperoleh kesempatan mengembangkan diri. Kepala sekolah dapat melakukan :
e. Identifikasi kegiatan ekstrakurikuler yang akan dilaksanakan di sekolah;
f. Menujukan aktifitas yang harus dilakukan pada koordinator untuk setiap kegiatan;
g. Meminta setiap koordinator untuk menyusun program kerja yang menjadi bagian dari rencana kegiatan sekolah, dan
h. Memantau pelaksanaannya.
i. Kegiatan yang Perlu Dilakukan Kepala Sekolah dalam
Pembinaan Pramuka.Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membina kegiatan pramuka di sekolah adalah :
1) Mengkoordinasikan kegiatan dengan guru
Hal ini untuk menghindari kegiatan yang tumpang tindih dengan kegiatan pembelajaran di kelas.
2) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengurus kegiatannya sendiri
Hal itu penting untuk melatih siswa bertanggung jawab dan mengurus dirinya sendiri.
3) Menggalang kerja sama dengan unsu-unsur di luar asekolah
Misalnya Gugus Depan (GUDEP) sekolah lain, Kwartir Pramuka, Palang Merah
4) Melibatkan orang tua
Orang tua perlu diajak berpartisipasi dalam kegiatan pramuka, khususnya yang memiliki tugas atau minat yang relevan.
5. Kegiatan yang Perlu Dilakukan Kepala Sekolah untuk Memantapkan Program Kesiswaan
a. Rapat koordinasi secara periodik. Misalnya koordinasi
sekali dalam satu semester.
b. Evaluasi keberhasilan program setiap akhir tahun pelajaran.
PEMBINAAN KESISWAAN
A. LANDASAN
1. Kep.
Nomor : 0461/U/1984 –
Tanggal : 18 Oktober 1984
Tentang : Pembinaan Kesiswaan
2. Kep. Dirjen Dikdasmen
Nomor : 226/C/Kep/O/1992
Tanggal : 27 Juni 1992
Tentang : Pedoman Pembinaan Kesiswaan
B. TUJUAN
Membina sikap perilaku siswa melalui berbagai kegiatan guna menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar lingkungan sekolah.
C. MATERI PEMBINAAN
1. Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
2. Kehidupan berbangsa dan bernegara
3. Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN)
4. Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur
5. Organisasi, Pendidikan Politik dan Kepemimpinan
6. Keterampilan dan Kewiraswastaan
7. Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi
8. Persepsi, Apresiasi, dan Kreasi Seni
D. KEGIATAN
1. Pembinaan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha
Esa
• Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing
• Memperingati hari-hari besar agama
• Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama
• Membina toleransi antar umat beragama
• Mengadakan kegiatan lomba yang bersifat keagamaan.
• Menyelenggarakan kegiatan seni yang bernafaskan keagamaan
2. Pembinaan kehidupan berbangsa dan bernegara
• Melaksanakan upacara bendera pada setiap hari Senin dan hari Sabtu, serta hari-hari Nasional.
• Melaksanakan bakti sosial/masyarakat
• Mengadakan lomba karya tulis
• Melaksanakan pertukaran siswa antar provinsi
• Menghayati dan mampu menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne)
3. Pembinaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara
• Melaksanakan tata tertib sekolah
• Melaksanakan baris-berbaris
• Mempelajari dan menghayati sejarah perjuangan bangsa
• Melaksanakan wisata siswa, pencinta alam dan kelestarian alam lingkungan.
• Mempelajari dan menghayati semangat perjuangan para pahlawan bangsa (napak tilas)
4. Pembinaan Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur
• Melaksanakan tata krama pergaulan
• Menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran rela berkorban dengan jalan melaksanakan perbuatan amal untuk meringankan beban dan penderitaan orang lain.
• Meningkatkan sikap hormat siswa terhadap orangtua, guru dan sesama siswa di lingkungan masyarakat.
5. Pembinaan Berorganisasi Pendidikan Politik dan Kepemimpinan
• Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS
sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.
• Membentuk kelompok belajar berdasarkan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan (5K)
• Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa
• Mengadakan forum diskusi ilmiah
• Mengadakan media komunikasi OSIS (bulletin, majalah dinding dan sebagainya)
• Mengorganisasikan suatu pementasan atau bazar.
6. Pembinaan Keterampilan dan kewiraswastaan
• Meningkatkan keterampilan dalam menciptakan suatu barang
lebih berguna.
• Meningkatkan keterampilan di bidang teknik, elektronik, pertanian dan peternakan.
• Meningkatkan usaha-usaha keterampilan tangan.
• Meningkatkan usaha Koperasi Sekolah dan Unit Produksi
• Meningkatkan penyelenggaraan perpustakaan sekolah
• Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/ pengalaman kerja lapangan (PKL)
7. Pembinaan Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi
• Meningkatkan kesadaran hidup sehat di lingkungan rumah dan
masyarakat/lingkungan.
• Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS)
• Melaksanakan pemeliharaan keindahan, penghijauan kebersihan sekolah
• Menyelenggarakan kantin sehat
• Meningkatkan kesehatan mental
• Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, obat terlarang, minuman keras dan merokok.
• Melaksanakan Senam Pagi Indonesia, Senam Kesegaran Jasmani dan olahraga lainnya.
• Menyelenggarakan lomba berbagai macam olahraga
• Mengembangkan motto "rekreasi yang kreatif'
8. Pembinaan Persepsi, Apresiasi dan Kreasi Seni
• Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang
seni suara, seni tari, seni rupa, seni kerajinan, drama/sastra, musik dan fotografi
• Menyelenggarakan sanggar berbagai macam seni
• Meningkatkan daya cipta seni
• Mementaskan memamerkan berbagai cabang seni, baik karya siswa/sekolah maupun karya seniman luar.
Kegiatan tersebut di atas ditambah dan dikembangkan sesuai dengan kondisi daerah dan sekolah yang bersangkutan.
Hubungan kerjasama yang dilakukan dengan
berbagai organisasi dan atau instansi lain yang
melaksanakan pembinaan generasi muda
MATERI PEMBINAAN KESISWAAN | MATERI HUBUNGAN KERJASAMA/KEMITRAAN | ORGANISASI/ INSTANSI MITRA |
PEMBINAAN KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA | A. Pembinaan kesiswaan pada bulan ramadhan (Peningkatan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa) B. Pesantren Kilat | - Departemen Agama - Departemen Agama, MUI, Depdagri |
PEMBINAAN KEHIDUPAN BERBANGSA NEGARA | A. Gerakan Disiplin Nasional di Sekolah B. Pertukaran siswa Indonesia-Jepang C. Beasiswa Jepang | Kantor MENKOPOLKAM dan instansi terkait Tomen Coorporation |
PEMBINAAN PENDIDIKAN PENDAHULUAN BELA NEGARA (PPBN) | A. Peningkatan Wawasan Kebangsaan/Pendidikan Pendahuluan Bela Negara B. Patroli Keamanan Sekolah (PKS) | Dephan POLRI |
PEMBINAAN KEPRIBADIAN DAN BUDIPEKERTI LUHUR | A. Gerakan Berbahasa B. Pembinaan dan pengembangan kepalangmerahan di kalangan siswa C. Donor Darah Siswa D. Informasi kegiatan pembinaan kesiswaan di media massa/media elektronik E. Program kegiatan amal siswa F. Penelitian perkelahian siswa | - IKIP - Pusbinbangsa - PPPG Bahasa Palang Merah Unit Transfusi Darah - Pustekkom - TVRI, RCTI, TPI, dll Bank Muamalat - Ditjen Kebudayaan - Ditjen Dikti - Balitbangdikbud - Universitas Indonesia (UI) |
PEMBINAAN BERORGANISASI, PENDIDIKAN POLITIK, DAN KEPEMIMPINAN | A. Pembinaan dan pengembangan kepalangmerahan di kalangan siswa ( PMR) B. Peningkatan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler di bidang kepramukaan melalui peningkatan pembinaan gugus depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan di sekolah C. Pendidikan politik bagi siswa | Palang Merah Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Universitas Indonesai (UI) |
PEMBINAAN KETRAMPILAN DAN KEWIRASWASTAAN | A. Pembinaan dan pengembangan siswa penggemar filateli B. Pendirian pos sekolah dalam rangka melaksanakan gerakan gemar berkirim C. Uji coba kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi D. Gerakan menabung di kalangan siswa E. Camping science and tecknologi F. Koperasi Sekolah | Deparpostel PT. Pos Indonesia Deparpostel PT. Pos Indonesia (Persero) Pusbinbangsa PPPG Bahasa Adikarsa Nugraha Cestita (ANC) Bank International EHS Council The Environmental Health & Safety (EHS) Centre Departemen Koperasi |
PEMBINAAN KESEGARAN JASMANIDAN DAYA KREASI | A. Pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba B. Jantung sehat dan kampanye daerah bebas merokok C. Peningkatan keolahragaan sekolah D. Usaha kesehatan sekolah (UKS) E. Jaminan asuransi bagi siswa | BNN dan instansi terkait Yayasan Jantung Ditjen Diklusepora, KONI Pusat, Induk Organisasi Olahraga, Perguruan Tinggi - Depkes - Depag - Depdagri PT. Asuransi Umum Bumiputramuda 1967 |
PEMBINAAN PERSEPSI, APRESIASI DAN KREASI SENI | A. Lomba desain perangko B. Lomba menulis C. Lomba menulis dan melukis dalam rangka hari cinta puspa dan satwa nasional tahun 1995 | - Deparpostel - PT. Pos Indonesia (Persero) - Deparpostel - PT. Pos Indonesia (Persero) - BKKBN - Deptan - Depkop PT. Pos Indonesia (Persero) |
PROGRAM PEMBINAAN SD
1.
• Peningkatan gizi
• Peningkatan kerekatan gigi
• Peningkatan diversifikasi program
• Pencegahan gangguan akibat kekurangan lodium (GAKI)
• Pencegahan penyalahgunaan narkoba
• Pencegahan HIV/AIDS
• Lingkungan sekolah sehat
• Lingkungan sekolah bebas rokok
• Jaminan asuransi siswa
2. LOMBA SEKOLAH SEHAT (LSS)
3. LOMBA MATA PELAJARAN - siswa SD
4. LOMBA KREATIVITAS - siswa dan guru/kepala SD
5. LOMBA PADUAN SUARA - siswa SD
6. OLIMPIADE MATEMATIKA dan SAINS/IPA
• Tingkat Nasional
• Tingkat ASEAN
7. PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN OLAHRAGA USIA DINI SD
• Pembentukan Klub Olahraga Usia Dini SD (1.890 klub)
• Lomba Olahraga siswa SD Tingkat Nasional
• Lomba Klub Olahraga Usia Dini SD (13 cabang)
8. PENDIDIKAN PENDAHULUAN BELA NEGARA
9. PERLINDUNGAN HAK ANAK
10. PENGARUSUTAMAAN GENDER
• GuruSD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar